Successful BETHANY Parepare

'' SAVIOR '' The Need of Every Heart….

Menjadi Terang

Posted by bethanypare pada 17 Oktober 2009

blueskybackgroundsmall

Matius 28:18-20

Tiga ayat ini berbeda satu dengan yang lain.

Ayat 18 memberikan informasi kepada kita bahwa segala kuasa di surga dan di bumi tunduk di dalam nama Yesus. It`s a good news !!
Ayat 20 memberikan janji-Nya kepada kita, yaitu Tuhan yang berkuasa berjanji menyertai sampai kesudahan alam. Namun, janji itu akan terjadi jika kita melakukan perintahNya.
Ayat 19, ini ayat Misi –Amanat Agung – yang seringkali orang kristen mengabaikan ayat 19 ini begitu saja.

    Gereja dalam bahsa Yunani, ekklesia artinya orang-orang yang dipanggil keluar. Jadi pemahaman gereja yang benar adalah orang-orang yang dipanggil keluar dari kebinasaan, perbudakan, kegelapan dunia; menjadi umat tebusan Allah, tidak `kumpul` di gereja saja tetapi pergi menjadi terang dan garam dunia (Matius 5:13-14). Kita tidak dipanggil untuk menjadi garam dan terang di gereja. Banyak orang kristen salah memahami “gereja”, mereka memahami gereja hanya sebagai orang-orang yang dipanggil keluar dari dunia dan kemudian hanya berkumpul di gereja saja. Oleh karena itu, tidak heran jika di gereja banyak terjadi kepahitan dan saling menyakiti satu dengan lainnya. Padahal perintah Tuhan adalah ”pergi jadikan semua bangsa murid-Ku!!  Jadikanlan mereka itu orang-orang yang diselamatkan.  Gereja harus dapat melayani seluruh penduduk kotanya.

    Paradigma gereja harus berubah dari kekristenan egosentris kepada kekristenan Kristosentris. Jemaat bukan hanya datang untuk meminta berkat, mengeluh, menuntut tetapi menjadi orang kristen yang mengutamakan Tuhan, Kingdom of God – Kerajaan Allah (Matius 6:33). Ditengah-tengah pergumulan, utamakan Tuhan dengan melaksanakan Amanat Agung, maka pertolongan Tuhan pasti terjadi bagi kita.

    Jangan meninggalkan pertemuan-pertemuan ibadah, ini juga sesuatu yang penting. Gereja itu menjadi tempat latihan, tempat pembekalan, tempat mendapatkan motivasi, menjadi markas, kemudian jemaat harus ”go” ke tengah-tengah masyarakat. Orang Kristen seringkali terlena dan ingin melayani di dalam gereja saja. Pelayanan yang sesungguhnya kurang dari 5% di dalam gereja, dan 95% pelayanan ada di luar gereja. Target pelayanan bukan hanya mimbar, tetapi ada ratusan jenis pelayanan lainnya di luar gereja. Gereja besar dengan jemaat penuh, jika tidak bisa memberikan impact kepada kota itu sama dengan NOL.

    Amanat Agung harus dilakukan, dengan menjadi garam dan terang di 7 lingkup kehidupan, yaitu :
    1. Sosial Kemasyarakatan
    Misalnya, dengan cara memberikan rumahnya untuk dipakai Family Altar, didaftarkan kepada pengurus sesuai dengan ibadah raya yang diikuti, sehingga dapat bertumbuh bersama menjadi hamba Tuhan militan yang aktif melayani atau dengan memberikan SMS Partner Rohani kepada teman-teman lainnya.

    2. Pemerintahan Politik (contoh : Daniel, Yusuf, dll)
    Misalnya, menjadi anggota legislatif atau partai politik tertentu.

    3. Bisnis Ekonomi
    Misalnya, mengadakan persekutuan-persekutuan di kantor, tempat usaha.

    4. Pendidikan
    Misalnya, guru/dosen bukan hanya mengajarkan pendidikan saja tetapi mengajar etika yang baik di luar kelas melalui keteladanannya.

    5. Media
    Misalnya, melalui Radio dan Televisi.

    6. Budaya (hiburan – entertainment)
    Misalnya, gereja harus merebut kembali dan memberikan impact keindahan, gemerlap, kecantikan di tengah-tengah masyarakat, dengan hati yang tetap “cinta” Tuhan.

    7. Dunia Olah Raga
    Misalnya, Rudy Hartono yang sukses dan kesaksian yang baik di dunia olah raga.

    Untuk dapat menjadi Pelaksana Amanat Agung, diperlukan 2 syarat, yaitu :
    1. Dewasa Rohani
    2. Diurapi Tuhan – dengan pengurapan, Daud memberi impact bagi sekelilingnya.

    • Daud memberi impact diantara saudara-saudaranya, keluarganya (I Samuel 16:13)
    • Daud memberi impact diantara kaumnya, menjadi raja atas Yehuda (2 Samuel 2:4)

    c. Daud memberi impact diantara bangsanya, Israel (2 Samuel 5:3)
    Pengurapan diberikan setiap bulan agar kita setia memberikan impact dari yang kecil, sedang dan berkat bangsa-bangsa diberikan kepada kita. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

    Sorry, the comment form is closed at this time.

     
    %d blogger menyukai ini: